BPKS Tingkatkan Pelayanan Cruise

Redaksi | habadaily.com | 27 Maret 2018, 17:12 WIB
BPKS Tingkatkan Pelayanan Cruise BPKS Tingkatkan Pelayanan Cruise | FOTO:HABADAILY.COM

HABADAILY.COM -Dengan semakin diliriknya Kota Sabang sebagai destinasi wisata bahari Dunia, telah menuntut Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang untuk terus melakukan pembenahan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada Cruise (Kapal Pesiar) yang berlabuh di Kota Sabang.

Hal ini harus dilakukan oleh BPKS karena potensi wisata dari jalur laut seperti Cruise dan Yacht semakin hari semakin mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dan tentunya dengan semakin tingginya angka kunjungan turis asing dari jalur laut berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

" Kita akan usahakan kunjungan seperti ini akan terus meningkat. Dan ini tentunya dapat menumbuh kembangkan ekonomi di sektor pariwisata dan kepelabuhanan di Kota Sabang ini," ujar Kepala BPKS, Sayid Fadhil di sela-sela tour keliling di dalam Kapal Pesiar MS. Seabourn Encore berbendera Bahamas/Nasau, Selasa (27/3).

Pihak BPKS juga optimis untuk terus melakukan peningkatan kunjungan, sehingga harapannya kedepan kunjungan wisatawan ke Aceh melalui pintu masuk Sabang juga akan mengalami peningkatan dan dibarengi dengan peningkatan ekonomi setempat.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Komersial dan Investasi, Agus Salim menambahkan, pihaknya kedepan juga akan menargetkan setiap bulan bisa dikunjungi minimal satu kapal. Dan bila hal ini tercapai tentunya akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan dari sisi fasilitas, BPKS akan terus berbenah, dimana ada kekurangan akan dibenahi. Begitu juga dengan koordinasi pihak-pihak terkait seperti Travel Agent, Tour Guide serta pihak-pihak pelaku pariwisata di Kota Sabang ini, sehingga kedepan benar-benar layak sebagai destinasi Cruise Dunia.

 " Saat ini cukup memadai untuk menghandle cruise-cruise besar, dimana Dermaga milik BPKS memiliki panjang lebih dari 400 meter dan memiliki laut yang dalam. Namun yang terpenting, pelabuhan kita telah memiliki sertfikat ISPS-Code tentang keamanan pelabuhan," katanya.

Tour Singkat

Nahkoda MS. Seabourn Encore,  Capt. Bathgate David,  menyampaikan terimakasih yang tidak terhingga atas hospitality yang diberikan oleh masyarakat sabang dan official people Sabang dari BPKS, Pemko dan seluruh Forkopimda sabang.

" Keindahan alam sabang yang juga sangat memikat, tarian tradisional yang sangat memikat. Semoga kami bisa kembali," ucap Nahkoda MS. Seabourn Encore,  Capt. Bathgate David sembari mengajak pihak-pihak yang terlibat dalam penyambutan untuk ikut tour ke kapal.

 Pada tour singkat itu, Sayid Fadhil yang turut didampingi oleh Wakil Kepala Irwan Faisal, unsur Forkompimda Kota Sabang dan para Deputi yakni, Muslem Daud (Deputi Umum), Agus Salim (Komersial dan Investasi), Fauzi Umar (Deputi Tekbang dan Tata Ruang), Abdul Manan (Deputi Pengawasan), Perwakilan Dinas Periwisata Provinsi Aceh, Plt. Kadis Pariwisata Kota Sabang, Ali Taufik dan Kepala Unit Manajemen Pelabuhan Zulkarnaini Abdulah.

Cruise Director, J. Cannon, membawa rombongan berkeliling kapal yang dimulai dari tempat hiburan, restoran, Bar, Kolam Renang, tempat olah raga Gym, Spa dan tempat-tempat lainya sekelas Hotel bintang 6.

Sebagaimana diketahui, Kapal Pesiar MS. Seabourn Encore baru pertama sekali singgah di Kota Sabang. Kapal ini memiliki panjang 179.76 meter dengan lebar 27,9 Meter dan memiliki bobot 41.865 Gross Register Tonnage (GRT).

Kapal ini dinahkodai oleh Capt. Bathgate David dan mengangkut 975 orang yang terdiri dari 552 Penumpang dan 423 Kru kapal. Sebelumnya kapal ini berlayar dari Phuket Thailand, dan akan melanjutkan pelayaran ke Colombo.

Pada sesi penyambutan, BPKS juga ikut melibatkan unsur Forkompimda, Pemko Sabang yang diwakili oleh Dinas Pariwisata, Travel Agen, Tour Guide, Organda, Permosa (Asosiasi Kendaraan Rental-red) dan para pedagang  yang ikut terlibat dalam Bazar yang dipersembahkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Aceh akan menempatkan bazar untuk masyarakat menjual souvenir, kuliner, dan lainnya. (Rilis).