Air Terjun Alue Putek Objek Wisata Baru Tangse

Rudi | habadaily.com | 06 Februari 2018, 15:28 WIB
Air Terjun Alue Putek Objek Wisata Baru Tangse Air terjun Alue Putek ini terletak di tengah hutan Dusun Geunie, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Pidie | Rudi | Habadaily.com

HABADAILY.COM- Dataran tinggi Tangse, Kabupaten Pidie, selain terkenal dengan wisata durian dan kopi, juga terdapat sejumlah objek wisata air terjun yang masih asri. Salah satunya air terjun Alue Putek yang belum ramai dikungjungi wisatawan.

Air terjun Alue Putek ini terletak di tengah hutan Dusun Geunie, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Pidie.  Untuk tiba di lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar dua jam  dari pusat Kota Sigli.

Pengunjung dijamin sangat menyenangkan dalam perjalanan, apalagi jalan lintas tangse berkelak kelok yang diapit pergunungan setelah melewati tanjakan Gampong Keumala.

Air terjun ini juga masih alami dan belum banyak diketahui masyarakat umum. Keindahan air terjun Alue Putek sangat menarik untuk dikunjungi.

Suasananya yang sejuk dan alami, juga airnya yang masih jernih dan bersih, membuat lokasi wisata air terjun ini bisa menjadi alternatif berlibur di akhir pekan. Suara gemercik air di alur sungai memanjakan pengunjung untuk bermandi.

Sayangnya objek wisata air tejun ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal lokasinya cukup dekat dari jalan lintas Tangse-Meulaboh Aceh Barat.

“Kami sangat senang kemari, meski awalnya sangat lelah dalam perjalana namun semuanya terbayar setelah tiba di lokasi dan bermandi di air terjun,” kata Maysara salah satu wisatawan, Selasa (06/02/2018).

Akses masuk menuju lokasi air terjun masih sulit dijangkau, pengunjung harus melewati jalan persawahan dan menyebrangi alur sungai.

Meski demikian tak perlu kwatir bagi wisatawan, karena akses jalan ke lokasi air terjun bisa dilalui dengan sepeda motor hingga ke titik lokasi.

Disana pengunjung dapat bermandi di kolam air terjun atau sekedar menikmati pemadangan, yang dikelilingi hutan yang masih rimbun dengan pohon-pohon besar dan rindang.

“Pokonya sangat nyaman di lokasi air terjun ini, kami bisa bermandi dan berswa foto dengan pemandangan alam yang indah,” ujarnya.

Lokasi air terjun ini juga ramah terhadap anak, aliran sungai jernih dan dangkal serta berbatuan bisa dijadikan tempat bermain bagi anak-anak. Bagi  wisatawan yang ingin berliburan ke Tangse Pidie, tidak ada salahnya menuju ke lokasi air terjun Alue Putek ini.

Namun sebelum beranjak ke lokasi terlebih dahulu anda meminta izin dari masyarakat sekitar, karenakan air terjun tersebut belum di kelola sebagai lokasi wisata. [jp]