Surfing Internasional di Simeulue Direncanakan Akan Dibuka Kemenpar

Ahmad | habadaily.com | 20 Oktober 2017, 00:06 WIB
Surfing Internasional di Simeulue Direncanakan Akan Dibuka Kemenpar Abdul Karim, Kadis Pariwisata Simeulue

HABADAILY.COM  - Aceh Internasional Surfing Championship (AISC) ke -III yang akan berlangsung  pada tanggal 26-28 Oktober 2017 di Kabupaten Simeulue, direncanakan akan dibuka langsung oleh Kementerian Pariwisata Repulik Indonesia (Kemenpar RI) di areal lokasi surfing.

Surfing tersebut di gelar di Pantai Desa Matanurung, Kecamatan Teupah Tengah, Simeulue atau sekitar 14 kilometer dari Sinabang Ibukota pulau penghasil cengkeh di Aceh tersebut. Lokasi itu dapat dijangkau dengan berbagai jenis kenderaan pribadi hingga bus umum.

"Pembukaan AISC ke-III di Simeulue, kita rencanakan dan kita harapkan dapat dibuka oleh pihak dari Kementerian Pariwisata RI, karena even ini merupakan salah satu dukungan program Pariwisata Nasional," kata Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Simeulue Abdul Karim, S.Pdi kepada Habadaily.com se saat setelah rapat evaluasi pemantangan pelaksanaan event Aceh Internasional Surfing Championship ke III di Sinabang, Kamis (19/10/2017).

Dia juga menambahkan, sejumlah utusan dari berbagai Nnegara  akan ambil bagian dalam even ini seperti Jepang, Australia, Jerman dan Amerika serta peselancar asal Hawaii. Mereka akan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Sementara untuk peselancar dalam negeri juga akan hadir dari berbagai provinsi di Indoensia termasuk peselancar lokal Simeulue. Mereka juga akan ikut memperlihatkan kemampuan dengan peselancar asing. Peserta yang telah mendaftar dalam AISC ke III itu, sudah mencapai 35 peserta surfing.

"Sudah ada 35 peserta peselancar yang mendaftar, selain dari luar negeri, juga ada peselancar dalam negeri dan lokal. Persiapan kita sebagai tuan rumah juga sudah 100 persen," ujar Abdul Karim.

Sebelumnya event Aceh Internasional Surfing Championship ke I dan ke II, tahun 2013 dan tahun 2015 di Kabupaten Simeulue  acara dilaksanakan di Pantai Desa Maudil-Nancala, Kecamatan Teupah Barat. Dalam ajang itu juga diikuti oleh peselancar asing dan,n asional dan lokal.[jp]