Witan dan Hanis Lanjutkan Pesta Gol Timnas Indonesia U-19

bola.com | habadaily.com | 13 September 2017, 17:55 WIB
Witan dan Hanis Lanjutkan Pesta Gol Timnas Indonesia U-19 Striker Timnas Indonesia U-19, Hanis Saghara Putra, sukses mencetak gol pertamanya di Piala AFF U-18 2017 sekaligus membuat Tim Garuda Nusantara unggul 8-0 atas Brunei Darussalam, Rabu (13/9/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

HABADAILY.COM - Timnas Indonesia U-19 berhasil menambah pundi-pundi di babak kedua laga kontra Brunei Darussalam di Piala AFF U-18 2017. Tim Garuda Nusantara untuk sementara unggul 8-0 berkat dua gol tambahan yang diciptakan oleh Witan Sulaeman dan Hanis Saghara pada menit ke-66 dan 68'.

Setelah unggul setengah lusin gol di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 menambah dua gol lagi melalui Witan Sulaeman dan Hanis Saghara. Witan mencetak gol melalui tandukan kepala memanfaatkan situasi sepak pojok pada menit ke-66. Tak sampai dua menit berselang, striker Tim Garuda Nusantara, Hanis Saghara, yang baru masuk menggantikan Rafli Nursalim, juga menyumbangkan gol dan membuat kedudukan menjadi 8-0.

Timnas Indonesia membuka keunggulan dalam hitungan 43 detik setelah kick-off babak pertama Grup B Piala AFF U-18 2017. Muhammad Rafli Nursalim langsung menjebol gawang Brunei yang dikawal Ak Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain. Rafli bertarung dengan bek Brunei, Muhammad Azirul Asmaji Adi, sebelum akhirnya mengecoh pemain bertahan dan kiper Brunei itu untuk mengoyak jala gawang lawan dan membawa Timnas Indonesia U-19 unggul

Timnas Indonesia U-19 terus mencoba menambah keunggulan dengan menekan pertahanan Brunei Darussalam. Segala upaya lini depan Tim Garuda Nusantara untuk menambah keunggulan dilakukan. Sementara itu, Brunei mencoba melakukan serangan balik yang selalu kandas sebelum memasuki kotak penalti Indonesia.

Gol kedua Timnas Indonesia U-19 tercipta berkat kerja sama antara Rafli Nursalim dan Egy Maulana Vikri di garis pertahanan Brunei. Umpan terobosan Rafli disambut baik oleh Egy yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang meluncur perlahan ke dalam gawang lawan. Upaya dua pemain bertahan Brunei untuk menghalau bola masuk ke dalam gawang gagal dan Timnas Indonesia U-19 unggul 2-0.

Skema serupa kembali dilakukan Timnas Indonesia U-19 untuk mencetak gol ketiga pada menit ke-23. Umpan terobosan Feby Eka Putra kembali didapatkan oleh Egy Maulana Vikri yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri mendatar yang kembali bersarang di gawang Brunei .

Timnas Indonesia U-19 terus berpesta dengan tambahan dua gol pada menit ke-40 dan 42'. Witan mencetak gol cantik pada menit ke-40 dengan melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Bola yang ditembaknya meluncur tajam ke sudut atas gawang Brunei yang gagal dihalau oleh Amirul Hakim. Namun, dalam dua menit berselang giliran Rafli yang mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini untuk membawa Tim Garuda Nusantara unggul 5-0.

Pesta Tim Garuda Nusantara berlanjut dengan gol ketiga Rafli pada masa injury time babak pertama. Memanfaatkan umpan terobosan dari Witan Sulaeman, Rafli dengan mudah mencetak gol yang membuatnya mengemas hattrick. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor telak 6-0.

Dalam keunggulan 6-0 di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 menambah dua gol dengan jeda antargol hanya dua menit. Gol ketujuh Tim Garuda Nusantara diciptakan oleh Witan Sulaeman melalui tandukan kepala setelah pemain tengah Timnas Indonesia U-19 itu tak terkawal di kotak penalti.

Sementara itu, gol kedelapan Timnas Indonesia U-19 diciptakan oleh Hanis Saghara. Pemain yang baru masuk sekitar dua menit setelah Rafli Nursalim mengalami cedera itu langsung on fire dan menjebol gawang Brunei Darussalam.

Susunan pemain:

Brunei Darussalam (5-3-1): AK Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain (kiper); Muhammad Rahimin Abdul Ghani, Muhammad Azirul Asmadi Aji, Abdul Wadud Ramli, Muhammad Nazif Safwan Jaini, Muhammad Wafi Aminuddin (belakang); Muhammad Nur Asyraffahmi Norsamri, Muhammad Hanif Farhan Azman, Muhammd Abdul Mateen Said (tengah), Muhammad Aqil Danish Aslam (depan).

Cadangan: Mohammad Badaruddin Abu Bakar, Mohammad Haziq Haswan Wahid, Awangku Ahmad Taufiq Tarmizi, Muhammad Firduas Fadziullah Yahya, Mohammad Alinur Rashimy Awang Jufri, Mohamad Adi Shukry Salleh, Muhammad Danish Koh Md Hanif Koh, Muhammad Nazhan Zulkiflie, Muhammad Khairul Alimin Muhd Ali, Md Suhaily Syafiee Adullah Mazrazni, Md Nazmie Hj Adanan, Aslam Abdul Qayyum Lazim.

Pelatih: Takao Fujiwara

Indonesia (4-2-3-1): Muchamad Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Samuel Christianson, Rachmat Irianto, Dedi Tri Maulana (belakang); Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra (Saddil Ramdani, 46') (tengah); Muhammad Rafli Nursalim (Hanis Saghara Putra, 66') (depan).

Cadangan: Gianluca Pagliuca Rossy, Julyano Pratama Nono, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Iqbal, Muhammad Rifad Marasabessy, Saddil Ramdani, Irsan Rahman Lestaluhu, Hanis Saghara Putra, Resky Fandi Witriawan, Firza Andika.[BOLA.COM]

Pelatih: Indra Sjafri