Habadaily.com

Dewan Sorot Sejumlah Proyek di Simeulue

Habadaily.com
12:13 WIB
Dewan Sorot Sejumlah Proyek di Simeulue
Ketua Tim Pansus DPRK Simeulue, Drs Darmili meninjau paket proyek tanggul di kawasan pantai Teluk Sinabang | Ahmad | Habadaily.com

HABADAILY.COM - Dewan Perwakilan Rekyat Kabupaten (DPRK) Simeulue menyorot sejumlah proyek di bawah Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat tahun anggaran 2016. Soroton tersebut muncul setelah tim Panitia Khusus (Pansus) dewan turun ke lapangan.

Tim Pansus yang dipimpin anggota DPRK Drs Darmili, menemukan sejumlah proyek beranggaran miliaran rupaiah dari dana Otonomi Khusus (Otsus) 2016 belum selesai, bahkan masih ada yang realisasinya antara nol hingga empat persen untuk beberapa proyek pembangunan jalan. 

Anggita Tim Pansus DPRK Simeulue, Ikhsan mengatakan, pihaknya sudah meninjau langsung beberapa proyek tahun 2016 di Kabupaten Simeulue. Meliputi pekerjaan proyek jalan, jembatan dan tanggul, dengan anggaran lebih dari Rp 1 miliar hingga Rp 18 miliar. 

"Realiasinya kacau balau dan rendah, saya peringatkan apabila mereka tidak bertanggungjawab terhadap proyek itu, bila nantinya secara lembaga tidak mau, maka secara pribadi saya sendiri melaporkan kepada polisi," tegas Ikhsan,Rabu (11/01/2017).

Salah satu proyek menjadi sorotan dewan yakni pembangunan tanggul di Teluk Sinabang beranggaran Rp 6,8 miliar. Tanggul tersebut dinilai tidak penting dan hanya membuang-buang anggaran negara dan daerah. 

"Tanggul ini untuk apa, apa untuk tempat mancing? Untuk membangunnya Rp 6,8 miliar. Menurut saya lebih baik dananya diperuntukan untuk peningkatan jalan umum di kawasan Kecamatan Alafan", kata Ketua Tim Pansus, Darmili kepada Ir Ali Hasmi, Kadis PU yang juga hadir pada peninjauan paket proyek tanggul tersebut. 

Selain proyek tanggul tersebut, dewan juga meninjau sejumlah paket proyek di kawasan Kecamatan Teupah Barat, Teupah Tengah, Teupah Selatan, Simeulue Cut, Simeulue Timur, Simeulue Barat serta paket proyek di Kecamatan Teluk Dalam. Proyek tersebut dikelola dan diawasi oleh Dinas Pekerjaan Umum setempat.[jp]

Habadaily.com