Debat Kandidat Kedua, Menciptakan Perdamaian Melalui Pernyataan Paslon

A H Firsawan | habadaily.com | 11 Januari 2017, 21:32 WIB
Debat Kandidat Kedua, Menciptakan Perdamaian Melalui Pernyataan Paslon Debat publikCagub-Cawagub Aceh jilid II, Rabu (11/01/2017) malam | Afifuddin | Habadaily.com

HABADAILY.COM - Debat kandidat terbuka kedua untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh berlangsung di Amel Convention, Banda Aceh, Rabu, 11 Januari 2016, malam. Debat kandidat kedua ini mengambil tema "Mencari Pemimpin Visioner".

'Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi mengatakan, tujuan debat kali ini tidak hanya untuk memperkenalkan para calon gubernur Aceh, bukan hanya untuk political education dan meningkatkan partisipasi pemilih, tapi lebih kepada menciptakan Pilkada damai di Aceh melalui pernyataan pasangan calon pada debat kandidat kedua ini.

"Di penghujung Pilkada ini, akan ada gubernur terpilih. Tapi kami menghimbau, gubernur yang terpilih nanti bukanlah kemenangan partai atau tim kampanye paslon, tapi sebagai kemenangan seluruh masyarakat Aceh," kata Ridwan Hadi.

Sebagai penyelenggara, kata Ridwan, pihaknya terus berusaha menjunjung tinggi proses demokrasi dalam Pilkada. Provinsi Aceh telah melaksanakan tahapan demi tahapan Pilkada serentak di seluruh Aceh, hingga kini, lanjutnya, tahapan Pilkada berjalan lancar.

Dalam debat kandidat ini, hadir enam pasang kandidat kepala daerah, tapi kandidat nomor urut lima dikabarkan telat hadir. "Paslon nomor lima sedikit terlambat untuk hadir karena dalam perjalanan. Kami dapat info itu dan diminta memberitahu kepada hadirin," ujar Ketua KIP.

BACA : Debat Dimulai, Mimbar Muzakir Manaf Masih Kosong

Namun demikian, hingga pasangan nomor urut satu Tarmizi A. Karim hingga nomor urut 6 Irwandi Yusuf menyampaikan visi-misinya, paslon nomor urut 5 belum juga hadir. [jp]