Di Aceh Barat, Polisi Amankan 1,3 Kg Ganja Bersama Pengedar

Redaksi | habadaily.com | 13 April 2018, 20:59 WIB
Di Aceh Barat, Polisi Amankan 1,3 Kg Ganja Bersama Pengedar

HABADAILY.COM - Personel Sat Resnarkoba Polres Aceh Barat menangkap seorang pengedar ganja di Jalan Nasional Meulaboh-Takengon, tepatnya di Gampong Pante Ara, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, Kamis malam (12/4/2018). 

"Tersangka berinisial HR (35), Swasta, warga Gampong Pasi Mesjid, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat ditangkap sekira pukul 19.30 WIB, barang bukti yang diamankan yakni 2 ikat ganja yang masih lembab," Kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar saat dikonfirmasi kepada habadaily.com. Jumat (13/4/2018) di Banda Aceh.

Dari kedua ikat ganja lembab itu, satu ikatnya memiliki berat 930 gram dan satu ikat lainnya seberat 380 gram, dengan berat total keseluruhan yakni 1.310 gram atau 1,3 kilogram. 

"Selain ganja, juga diamankan satu unit motor jenis Satria F dan sebuah tas ransel warna hitam yang digunakan untuk membawa ganja tersebut," kata Kabid Humas. 

HR yang merupakan target operasi polisi karena kerap mengedarjan ganja ini ditangkap berdasarkan informasi yang diperoleh tentang keberadaannya. Ia diketahui sering bertransaksi di kawasan Beutong, yang kemudian barang haram itu diedarkan ke wilayah Aceh Barat. 

"Setiba di lokasi, tim yang dipimpin langsung Kasat Resnarkoba, Iptu Bukhari melihat target mengendarai motornya dan langsung diberhentikan serta dilakukan penggeledahan, ditemukanlah barang haram itu di dalam tas ransel yang dikenakan," ungkapnya. 

Saat ini, tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolres Aceh Barat guna dilakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. 

*Pengedar dan 8 Ons Ganja Juga Diamankan di Aceh Utara

Sementara, polisi juga menangkap seorang pengedar ganja berinisial IM (52), di rumahnya yang berada di Gampong Tanjong Ceungai, Kecamatan Tanoh Jambo Aye, Aceh Utara, Rabu (11/4/2018) kemarin, sekira pukul 06.00 WIB. 

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Resnarkoba, AKP Ildani mengatakan, tersangka ditangkap karena selama ini kerap mengedarkan ganja di sejumlah wilayah di Aceh Utara. 

"Dari hasil penggeledahan di rumah tersangka, kita temukan barang bukti 8 ons ganja kering," ujarnya yang dikonfirmasi terpisah. 

Setelah menangkap IM, polisi langsung melakukan pengembangan dan menangkap dua tersangka lainnya yang diduga sebagai pengedar, yakni ZL (27) dan IB (28) yang diketahui merupakan warga Kecamatan Sawang dan Muara Batu, Aceh Utara. 

"Keduanya ditangkap di rumah masing-maisng setelah IM mengaku mendapatkan ganja itu dari kedua tersangka ini. Ketiga tersangka masih diamankan untuk dilakukan pengembangan," tambah Kasat.

MAG:HFZ