Nasdem Daftar Pertama, KIP Pidie Kembalikan Berkas

Kon.Rudi | habadaily.com | 13 Oktober 2017, 15:23 WIB
Nasdem Daftar Pertama, KIP Pidie Kembalikan Berkas Foto: Rudi Hermansyah/habadaily.com

HABADAILY.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie baru menerima satu partai politik yang mendaftar sebagai peserta pemilu legislatif (Pileg) 2019. Partai yang pertama menyerahkan berkas pendaftaran pada Jumat (13/10/2017) yaitu Partai Nasional Demokrat atau Nasdem.

“Sejak dibuka pendaftaran pada 3 Oktober, hingga saat ini baru satu partai politik yang mendaftar,” kata Ridwan Ketua KIP Pidie.

Meski sudah mendaftar, KIP Pidie mengembalikan berkas yang diserahkan DPD Nasdem Pidie, dikarenakan dalam salinan berkas terdapat kekurangan anggota maupun pengurus yang tidak sesuai dengan sistem informasi partai politik (Sipol), sehingga berkas harus diperbaiki kembali.

“Dokumen yang diserahkan DPD Nasdem kurang lengkap, ada tujuh orang terdapat kekurangan di dalam salinan, seharusnya 589 orang, tapi yang ada 582 orang maka harus diperbaiki kembali,” ujarnya.

Sementara jadwal yang ditentukan untuk pendaftaran peserta pileg 2019, mulai 3–16 Oktober 2017 mendatang. Ia juga mengatakan selama ini ada beberapa partai politik lokal maupun nasional yang konsultasi mengenai berkas persyaratan pendaftaran, namun belum ada yang mendaftar ataupun menyerahkan berkas.

Ridwan juga menghimbau kepada partai politik lainnya untuk segera mendaftar, karena batas waktu untuk pendaftaran tinggal beberapa hari lagi. Jikapun nantinya setelah mendaftar terdapat kekurangan, maka masih memiliki waktu untuk memperbaikinya sampai pukul 00.00 wib 16 Oktober.

Pantauan di lokasi, DPD partai Nasdem yang diketuai Jamaluddin datang bersama rombongan ke kantor KIP Pidie dengan membawa satu bundel berkas salinan dokumen tentang pengurus maupun anggota Partai Nasdem se-Kabupaten Pidie.

“Kami mendaftar hari ini berdasarkan perintah dari DPP, dikarenakan Partai Nasdem mendaftar secara serentak seluruh Indonesia,” kata Jamaluddin.