Pesan untuk Pemudik Bersepeda Motor

Redaksi | habadaily.com | 27 Juni 2017, 19:48 WIB
Pesan untuk Pemudik Bersepeda Motor Ilustrasi | foto antrian penumpang kapal di Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh yang hendak berlibur ke Sabang, Selasa (27/06/2017) | Habadaily.com

HABADAILY.COM - Mudik tahun ini tidak lepas dari pengguna sepeda motor yang menempuh perjalanan kembali ke kampung halaman. Beragam jenis motor seperti skutik, bebek dan sport untuk digunakan mudik sambil membawa beragam bawaan.

Khusus sepeda motor sport, perjalanan jauh membutuhkan cara yang tepat agar tidak lekas lelah. Pasalnya pengendara mendapat tambahan tuas kopling di sebelah kiri untuk mengoperasikan sepeda motor.

“Paling penting usahakan rileks saat berkendara. Jangan disibukkan dengan hal lain seperti bawaan tas dan lainnya, ini agar pengendara dapat bermanuver dan mengendalikan motornya dengan baik,” ucap Siswanto, instruktur keselamatan berkendara safety Wahana Honda saat dihubungi Otomania.com beberapa waktu lalu.

Kemudian dilihat juga dari posisi berkendara, untuk pengguna motor sport usahakan sikut sedikit menekuk. Ini agar pengendara dapat dengan mudah bermanuver di jalur mudik. Perhatikan posisi jari tangan yang menggenggam setang kemudi. Dilarang untuk meletakkan jari di tuas kopling atau rem.

“Harus menggenggam penuh grip kemudi. Jangan letakkan di atas tuas kopling atau rem, ini juga bagian dari keselamatan berkendara,” kata Siswanto.

Ketika hendak berpindah gigi atau berhenti, itulah momen pengendara meletakkan jari tangan pada tuas tersebut. Kopling bertugas untuk memindahkan gigi persneling sepeda motor atau ketika ingin berhenti, pindahkan ke posisi gigi terendah. Gunakan rem kaki saat berhenti agar tidak mudah lelah saat kondisi jalan padat atau kemacetan.[Kompas.com/jp]