Habadaily.com

PMI Rehab Sumber Air Bersih di Pidie Jaya

Habadaily.com
17:10 WIB
PMI Rehab Sumber Air Bersih di Pidie Jaya
Pengurus penanganan bencana PMI Pusat melihat kondisi waduk sumber air bersih di Gampong Jeulanga Mata Ie, Kecamatan Ulee Glee, Kabupaten Pidie, Kamis (12/01/2017) | Afifudddin Acal | Habadaily.com

HABADAILY.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berkomitmen menyuplai air bersih kepada korban bencana gempa di Kabupaten Pidie Jaya.  Selain korban gempa, PMI juga menyuplai air bersih untuk penduduk yang membutuhkan karena paska gempa banyak sumber air warga tersumbat.

Untuk memastikan suplai air bersih tetap tercukupi di Pidie Jaya.PMI pusat memperbaiki waduk sumber air bersih di Gampong Jeulanga Mata Ie, Kecamatan Ulee Glee, Kabupaten Pidie. Sumber air bersih ini menjadi lokasi utama menyuplai air bersih paska gempa saat tanggap darurat.

"Ini sumber air bersih, kita perbaiki agar kedepan kebutuhan air bersih di Pidie Jaya mencukupi paska tanggap darurat," kata Sumarsono,  pengurus penanganan bencana PMI Pusat, Kamis (12/01/2017).

Kata Sumarsono, operasi pemulihan yang dilakukan PMI paska tanggap darurat difokuskan pada dua kegiatan, yaitu pemulihan mata pencaharian dan tempat tinggal masyarakat melalui cash transfer program (CTP).

"Selama tanggap darurat, ada 1,7 juta liter air bersih telah kita salurkan. Sementara CTP untuk tempat tinggal yaitu shelter diperuntukkan bagi 526 KK tersebar di Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen," jelasnya.

Sedangkan bidang kesehatan, sebutnya, pemulihan dini difokuskan untuk pemberian bantuan berupa distribusi air air bersih, perbaikan sumber mata air, pembersihan dan pengeboran sumur warga.

"Memulai operasi ini kita melakukan peletakan batu pertama pembangunan renovasi sumber air di Gampong Jeulanga Mata Ie dan juga pembangunan sumur bor di Masjid Paru Keude, Pidie Jaya," jelasnya.

Selain itu, PMI juga menyalurkan bantuan pemulihan mata pencaharian (livelihood) kepada 507 KK korban gempa. Bantuan ini akan dilakukan di sembilan gampong di Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya.

"Dana yang diberikan dipelgunakan untuk penyediaan kebutuhan dasar dan peralatan untuk menunjang mata pencaharian masyarakat," tutupnya.[jp]

Habadaily.com