Dana Aspirasi Dewan Simeulue Tahun 2017 Rp 25 miliar

Ahmad | habadaily.com | 12 Januari 2017, 10:38 WIB
Dana Aspirasi Dewan Simeulue Tahun 2017 Rp 25 miliar ilustrasi

HABADAILY.COM - Alokasi anggaran untuk dana aspirasi 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Simeulue tahun 2017 senilai Rp 25 miliar. Dengan demikian, setiap anggota dewan akan mendapat jatah senilai Rp 1,250 miliar.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Simeulue, Haili Syamsudin mengatakan, jumlah tersebut sudah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Simeulue tahun 2017.  "Dana aspirasi dewan kita tersebut sudah dialokasikan dalam APBK 2017," kata Haili Syamsudin, Kamis (12/01/2017). 

Sektretaris DPKKD Simeulue, Marlian yang ditemui terpisah juga mengatakan, jumlah alokasi dana aspirasi untuk masing-masing anggota dewan mendapat Rp 1,250 miliar.  "Sudah dialokasikan dana aspirasi kita, dan nantinya diperuntukan untuk peningkatan ekonomi rakyat, yang betul-betul layak dibantu dan membutuhkan bantuan", katanya.

Jumlah dana aspirasi yang tergolong tinggi dibanding dengan Penghasilan Asli Daerah (PAD) Simeulue tersebut mendapat berbagai tanggapan dari warga di sana. Ada yang mendukung asal dana tersebut tidak diselewengkan. 

"Kita dukung dan menurut saya itu sangat baik ada dana aspirasi kepada wakil kita, tapi kalau bisa realisasinya jangan mengedepankan kepentingannya dan kepentingan koleganya", kata Agus, warga Kecamatan Teupah Tengah,Kamis (12/01/2017).

Adi Warsah, Ketum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Simeulue Center (LSC) juga mengatakan, dana aspirasi itu bersumber dari APBK Simeulue. Untuk itu, penyalurannya harus tepat sasaran dan dapat diawasi, sehingga realisasinya tidak melenceng dari rambu-rambu peraturan tentang pengguanaan keuangan Negara.

"Dana aspirasi itu bersumber uang negara yang berasal dari setoran pajak hasil keringat rakyat, jadi penggunaannya harus tetap sasaran serta mematuhi rambu-rambu peraturan keuangan negara, maka wajib diawasi oleh publik," katanya.[jp]