Kapolresta Banda Aceh Akan Berganti

Redaksi | habadaily.com | 05 Januari 2018, 19:23 WIB
Kapolresta Banda Aceh Akan Berganti Surat telegram Kapolri tanggal 5 Januari 2018

HABADAILY.COM – Beredar sebuah surat telegram Kapolri tertanggal 5 Januari 2018 yang isinya akan ada mutasi pejabat di jajaran Polri termasuk Polda Aceh. Salah satu yang akan berganti yakni Kapolresta Banda Aceh, dari Kombes Pol T. Saladin kepada AKBP Trisno Riyanto.

Kapolresta Banda Aceh baru tersebut sebelumnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Binkar ROSDM Polda Aceh. Sedangkat T Saladin akan ditempatkan di Polda Aceh dengan posisi sebagai Kepala Bidang (Kabid) Tehnologi Informasi Komunikasi (TIK).  

Pergantian atau mutasi juga pada Kapolres Sabang. Dari AKBP Slamet Wahyudi akan digantikan AKBP Syahril yang sebelumnya sebagai Kasubdit I Direskrimum Polda Aceh. Sementara AKBP Slamet akan menduduki jabatan sebagai Kapolres Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Seperti diketahui, Kombes Pol T.Saladin menduduki jabatan Kapolresta Banda Aceh sekitar bulan Mei tahun 2016 atau sudah 1,6 tahun. Sebelumnya sebagai Kabid Humas Polda Aceh, T Saladin juga pernah menjadi Kapolres Bireuen. Dan, akan kembali ke Polda dengan jabatan baru Kabid TIK.

Adapun Bidang TIK bertugas untuk menyelenggarakan pembinaan teknologi komunikasi dan informasi kepolisian, pengumpulan dan pengolahan data serta penyajiaan informasi kriminal dan pelayanan multimedia.

Dalam melaksanakan tugas, Bid TIK menyelenggarakan fungsi antara lain: Pembangunan, pembinaan, pemeliharaan jaringan komunikasi dan data, serta pelayanan telekomunikasi.

Pembinaan dan penyelenggaraan sistim informasi meliputi sentralisasi pengumpulan dan pengolahan data, penyajian informasi dan dokumentasi, serta anev.

Pembinaan dan penyelenggaraan pusat sistim informasi kriminal, yang meliputi penyiapan dan penyajian data dan statistik kriminal. Pemberian bimbingan, bantuan teknis dan komputer baik hardware maupun software kepada satuan organisasi di lingkungan Polda. 

Dan, perencanaan dan pengadministrasian umum, penatausahaan urusan dalam, personil dan materiil logistik, serta pelayanan keuangan di lingkungan Bid TlK Polri.[]