Sail Sabang 2017

Ini Kata Menpar Arief Yahya Tentang Sail Sabang 2017

Redaksi | habadaily.com | 01 Desember 2017, 20:46 WIB
Ini Kata Menpar Arief Yahya Tentang Sail Sabang 2017 Arief Yahya usai meninjau sejumlah Kapal Repulik Indoensia (KRI) yang berlabuh di Pelabuhan CT-3 BPKS, Kota Sabang, Jumat (1/12/17). Foto: Habadaily.com/AB

HABADAILY.COM - Menteri Pariwisata (Menpar) Republik Indonesia, Arief Yahya mengatakan even wisata bahari, Sail Sabang 2017  merupakan yang terbesar dalam sejarah sail pernah digelar di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang datang memeriahkan Sail Sabang.

Demikian disampaikan Arief Yahya usai meninjau sejumlah Kapal Repulik Indoensia (KRI) yang berlabuh di Pelabuhan CT-3 BPKS, Kota Sabang, Jumat (1/12/17) sore. Kapal yang ditinjau yaitu KRI Banda Aceh, KRI Barona Jaya Jakarta dan Kapal Adventure. 

"Jadi, untuk diketahui bahwa Sail Sabang 2017 ini merupakan Sail Nasional ke-9 dan ini merupakan sail terbesar yang digelar,” ujar Arief Yahya didampingi Ketua Percepatan Wisata Bahari, Dr Indroyono Soesilo yang juga penasehatnya.

Dikatakan, dalam perhelatan Sail Sabang 2017 juga turut dihadirkan kapal tinggi bernama KRI Bima Suci dan Dewa Ruci sebagai kapal layar Angkatan Laut yang mengelilingi dunia."Makanya yang Kapal Dewa Ruci banyak benderanya karena dia sudah keliling-keling dunia," katanya. 

Arief menambahkan, jika dibandingkan delapan sail lainnya yang sudah pernah digelar di Indoensia, sangat berbeda dengan Sail Sabang 2017.  Pada Sail Sabang, ada 46 acara rangakian acara dan angka tersebut merupakan terbanyak.

"Ini sail dengan event paling banyak. Keseluruhannya 46 rangkaian, pada delapan sail kali sail sebelumnya tidak yang punya sebanyak ini," ujar Arief

Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Gubernur Aceh Nova Ariansyah menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh stacholder yang sudah ikut mengsukseskan sail sabang 2017.

“Terimakasih kepada semua yang sudah mendukung kegaitan ini, dari kementrian, NGO, UKM dan masyarakat,” kara Nova Iriansyah di Sabang. [*]