Dua Hari Tendampar, 4 dari 10 Ekor Paus Mati

Redaksi | habadaily.com | 14 November 2017, 16:15 WIB
Dua Hari Tendampar, 4 dari 10 Ekor Paus Mati

HABADAILY.COM - Setelah dua hari terdampar di kawasan pantai Desa Durung, Krueng Raya, Aceh Besar, 4 dari 10 ekor paus akhirnya mati. Sementara sisanya dihalau ke tengah laut oleh petugas TNI AL, nelayan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Dinas Kelautan Perikanan Aceh.

BACA: Segerombolan Ikan Paus Terdampar di Krueng Raya

Bangkai dari empat yang dinyatakan telah mati masih terus menjadi tontotan warga yang datang melihat terdamparnya 10 ekor paus tersebut. Evakuasinya masih menunggu tim dari Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh.

Informasi dihimpun menyebutkan, matinya empat dari 10 ekor paus itu diketahui pada pagi hari, Selasa (14/11/2017). Awalnya hanya tiga ekor yang mati, kemudian disusul seekor lainnya yang setelah dihalau ke tengah laut, kembali balik ke bibir pantai.

"Sementara, enam ekor ikan paus lainnya selamat dan telah dievakuasi ke tengah laut," ujar Kepala Dinas Sosial Aceh, Al Hudri yang juga hadir ke lokasi terdamparnya paus.

Sebelumnya, segerombolan ikan paus yang jumlahnya sekitar 9 ekor terdampar di Pantai Desa Durung, Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin (13/11/2017) pagi. 

Informasi dihimpun, ikan berbadan besar tersebut terdampar di air dangkal yang hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai Desa Durung.

“Iya,yang tampak ada sekitar 9 ekor ikan paus,” kata Salamuddin, warga Neuheun kepada media ini, Senin (13/11/2017) siang.

Menurutnya, informasi awal terdamparnya ikan paus ini dari warga Desa Durung yang pagi itu datang ke pantai setempat. Kemudian dilaporkan kepada Panglima Laot Kreung Raya.[]