Kuliah Umum di Usyiah

AHY: Tehnologi Jangan Sampai Merusak Kodrat Sosial Kita

Redaksi | habadaily.com | 13 November 2017, 17:00 WIB
AHY: Tehnologi Jangan Sampai Merusak Kodrat Sosial Kita AHY pada kuliaah umumnya di Unsyiah Banda Aceh, Senin (13/11/2017) | IST

HABADAILY.COM - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan, bahwa saat ini sedang memasuki dunia baru yaitu revolusi dalam bidang teknologi, yang telah memperluas dampak-dampak globalisasi ke seluruh penjuru dunia.

Di mana informasi bisa diperoleh secara instan dan realtime. Akses informasi pun semakin murah bahkan tanpa biaya. “Namun semua kemudahan ini jangan sampai merusak kodrat kita sebagai makhluk sosial, yang sejatinya membutuhkan interaksi secara langsung,” kata AHY dalam kuliaah umumnya di Unsyiah Banda Aceh, Senin (13/11/2017).

Kuliah umum AHY tersebut dengan tema “Mempertegas Peran Mahasiswa dan Pembangunan dan Kemajuan Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang acara tersebut digelar di gedung AAC Dayan Dawood dan diharidi ratusan mahasiswa dan para undangan lainnya.

“Sekarang jempol bertemu jempol, kita asyik menggunakan gadget saja tapi kemudian lupa awal pertemuan yang penting adalah bertemu langsung dengan sesama manusia. Sebab di situlah kita memiliki empati, kepedulian, termasuk hal-hal kepemimpinan,” ujar AHY.

Kepada mahasiswa, AHY juga berpesan, di era globasasi ini mahasiswa harus cerdas mengambil peluang. Sebab tidak semua orang mampu menguasai rezim globalisasi ini. Hanya mereka yang terpilih sajalah yang bisa mengambil peran besar ini.

“Mereka adalah yang mampu mengubah tantangan menjadi peluang, dan Dan mereka yang mampu beradaptasi dengan baik.  Mereka itulah yang akan menjadi pemenang,” ujarnya.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengapresiasi hadirnya AHY ke kampus jantong hatee rakyar Aceh itu. Rektor berharap, semoga kehadiran AHY bisa menginspirasi para mahasiswa Unsyiah untuk semangat dalam belajar dan berkarya untuk bangsa.

“Kita bersyukur, hari ini kedatangan Bapak Agus Harimurti Yudhoyono, tokoh muda yang insya Allah akan mampu memotivasi dan menginspirasi para mahasiswa, agar siap mengambil tanggung jawab merealisasikan Indonesia Emas tahun 2045,” ungkap Rektor.

Dalam kegiatan ini, perwakilan Masyarakat SM3T Indonesia (MSI) Aceh menyerahkan 1000 buku dan edukasi tentang pentingnya literasi untuk sekolah Seatap SMP dan SD di Kecamatan Kluet Tengah Aceh selatan. Selain itu, AHY juga turut menyaksikan mahasiswa yang melakukan donor darah.

Pada kedatangannya kali ini, AHY juga akan mengunjungi beberapa daerah di Aceh seperti Bireuen, Sigli dan Lhokseumawe. Dalam kesempatan ini turut hadir Wakil Ketua DPR Aceh, Ketua IKA Unsyiah, Wali Nangroe, dan Anggota DPR RI asal Aceh. [jp/rel]