Wagub Himbau Rekanan Pacu Pembangunan Gedung SKO

Rilis | habadaily.com | 05 Agustus 2017, 12:16 WIB
Wagub Himbau Rekanan Pacu Pembangunan Gedung SKO Nova Iriansyah meletakan batu pertama pembangunan SKO di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Jum'at (04/08/2017) sore.| Humas Pemda Aceh

HABADAILY.COM – Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, menghimbau rekanan untuk memacu pembangunan Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Aceh, agar sekolah yang bertujuan untuk membangun minat dan bakat siswa bidang olahraga itu, bisa segera beroperasi.

“Harus dipacu pembangunannya, sehingga sekolah ini bisa segera menerima peserta didik. Ingat, SKO tidak ada di semua provinsi. Oleh karena itu perhatian dari Pemerintah Pusat ini harus kita sambut dengan serius,” kata Nova Iriansyah pada peletakan batu pertama pembangunan SKO di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Jum'at (04/08/2017) sore.

Untuk diketahui bersama, sekolah ini biaya pembangunanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ini hanya terdapat di 14 provinsi se-Indonesia.

Sebelumnya, dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Dinas Pendidikan Aceh, Wagub juga mengingatkan dinas terkait, yaitu Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk bersinergi dalam mengelola SKO ini, sehingga manfaatnya bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat Aceh.

“Dari visi- misi Pemerintahan Irwandi-Nova yang tertuang dalam 15 program unggulan. Pendidikan adalah salah satunya, yaitu Aceh Carong atau Aceh Pintar. Oleh karena itu semua kegiatan yang menjadi penunjang suksesnya pendidikan harus dikelola dengan baik,” tegas Nova.

Wagub juga mengingatkan, agar nantinya mekanisme evaluasi harus dilakukan dengan ketat, karena SO dibangun dengan semangat membangkitkan minat dan bakat siswa dalam bidang olahraga, maka kehadiran sekola ini harus mampu mendongkrak prestasi olah raga Aceh.

“Pemerintahan kami berbasis outcame, yaitu manfaat atau hasil, membangun harus berbasis kemanfaatan. Jadi bukan output, bukan kuantitas tetapi kualitas. Kalau tujuannya mencetak atlit, maka harus ada evaluasi, setelah sekian tahun harus ada prestasi putra-putri Aceh yang mampu berbicara di level Porda, PON, Sea Games, Asean Games, Olimpiade, bahkan kejuaraan dunia lainhya,” kata Wagub.

Pemerintahan Bersih dan Baik

Dalam arahannya, Nova juga mengingatkan kepada seluruh birokrat Aceh menyelenggarakan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan baik.

“Yang harus digarisbawahi adalah, bahwa kita harus menyelenggarakan pemerintahan secara good governance dan clean goverment. Hal ini hanya akan tercapai jika pemerintahan diselenggarakan secara bersih dan terbuka,” tegas Wagub.

“Saya optimis dan berusaha agar dalam dua bulan pemerintahan kami akan mengubah atmosfer birokrasi. Ada vitalitas yang meninggi, ada gairah positif yang mengedepankan birokrasi yang bersih dan baik. Bersih, cerdas, santun dan lurus merupakan perintah Undang-undang, dan siapa saja yang berada dalam birokrasi harus seperti itu,” sambung Nova.

Selama ini, SKO bergabung bersama SMU Negeri 9. Nantinya, SKO yang di dalamnya terdapat 18 Cabang Olahraga ini akan berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan, namun secara tekhnis juga berada di bawah Dispora.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh serta perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan rekanan serta konsultan pengawas proyek pembangunan SKO Aceh. [rel/jp]