Habadaily.com

DBD 'Hantui' Warga Pidie

Habadaily.com
19:29 WIB
DBD 'Hantui' Warga Pidie
dr fajriman mengecek kondisi pasien DBD di rumah sakit Sigli

HABADAILY.COM – Warga di Kabupaten Pidie mulai diserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Saat ini ada 13 pasien yang positif terjangkit DBD sedang menjalani perawatan di rumah sakit Tgk Chik Ditiro, Sigli.

Dari 13 pasien DBD yang dirawat, satu orang diantaranya merupakan anak – anak. Berdasarkan data yang diperoleh dari Direktur  Rumah Sakit Umum (RSU) Sigli, Moh Reza Faisal, sebanyak 43 kasus penyakit demam berdarah yang ditangani per satu Desember 2016 hingga 9 Januari 2017.

“Data dari bulan Desember sampai hari ini sebanyak 43 kasus DBD yang kita tangani, 13 pasien masih dirawat,” kata Faisal kepada habadaily.com, Senin (09/01/2017).

Pasien penyakit demam berdarah umumnya orang dewasa. Dari 43 kasus DBD yang ditangani pihak rumah sakit Sigli, sebanyak 29 orang kalangan dewasa, 14 orang lainnya  kalangan anak – anak.

Sementara data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pidie, sepanjang tahun 2016 terdapat sebanyak 189 kasus DBD yang tersebar dari 23 kecamatan dalam wilayah Pidie, kecuali di Kecamatan Geulumpang Baro.

Kepala Dinas Kesehatan Pidie, dr Fajriman mengatakan, warga yang menderita demam berdarah dengue diakibatkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yang beroperasi pada siang hari.

Pihaknya menghimbau kepada masayarakat untuk melakukan tiga hal, yaitu menguras bak air,  mengubur sampah dan menutup segala bentuk penampungan air.

“Kita harus sama – sama menjaga untuk mengantispasi DBD, tidak cukup dengan dilakukan Fogging oleh Dinas Kesehatan, masyarakat harus melakukan 3 M, menguras bak air, mengubur sampah dan menutup bak penampungan air,” ungkap fajriman.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan kepada warga yang memiliki gejala demam berdarah, seperti demam berkelanjutan, adanya tanda bintik – bintik merah pada kulit, untuk segera melakukan pemeriksaan, baik di Puskesmas setempat maupun di rumah sakit daerah Sigli.[acl]

Habadaily.com