Kepala Kantor SAR Aceh Tinjau Simeulue

Ahmad | habadaily.com | 10 November 2017, 20:06 WIB
Kepala Kantor SAR Aceh Tinjau Simeulue Kepala Kantor SAR Aceh, Hari Adi Purnomo dan Bupati Simeulue, Erly Hasyim di Simuelue, Jumat (10/11/2017)| Ahmad | Habadaily.com

HABADAILY.COM – Penetapan status siaga satu bencana alam di Simeulue oleh pemerintah setempat mulai 5-11 November 2017, membuat Kepala Kantor SAR Aceh, Hari Adi Purnomo berkujung ke kabupaten penghasil lobster itu, Jumat (10/11/2017).

Sambil meninjau status tersebut,  Hari Adi Purnomo juga akan melaksanakan kunjungan kerja khusus ke SAR Simeulue selama dua hari, Jumat dan Sabtu. "Selain meninjau situasi dan kondisi terkini Simeulue, saya juga meninjau kesiapan sumberdaya personil, potensi serta sumberdaya SAR kita yang ada saat ini," kata Hari Adi Purnomo usai melakukan pertemuan dengan Bupati Simeulue, Erly Hasim.

Hari mengingatkan, sesuai pendataan dan evaluasi bahwa wilayah administrasi Kabupaten Simeulue yang didominasi dan dikelilingi laut serta dengan kondisi cuaca yang sulit di predikisikan, dengan potensi kasus kebencanaan di atas rata-rata atau diatas 50 persen.

BACA: Cuaca di Simeulue dalam Sepekan

Sehingga pihaknya mengusulkan kepada pihak Basarnas Pusat untuk peningkatan status Pos SAR Simeulue menjadi Kantor SAR Simeulue. Namun realisasinya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun. Tidak hanya menyangkut peningkatan status, juga  sedang diuapayakan penambahan sejumlah fasilitas pendukung untuk Pos SAR Simeulue. Salah satunya satu unit Kapal SAR.

Dengan adanya Kapal SAR itu ditempatkan di Pos SAR Simeulue, dapat dioperasikan di seluruh pulau-pulau serta perairan laut wilayah Barat Provinsi Aceh, juga dapat menjangkau zona perbatasan laut di Samudera Hindia yang merupakan rute pelayaran Internasional.  “Kita harapkan semua usulan kita untuk Pos SAR Simeulue ini dapat disetujui oleh pusat,” harapnya.

Sementara Bupati Simeulue Erly Hasyim juga meminta supaya pihak SAR Aceh dapat mempercepat rencananya penetapan status Pos SAR Simeulue ini menjadi Kantor SAR.  Sehingga saat terjadi bencana alam dan bencana kemanusian di wilayah Kabupaten Simeulue dan sekitarnya lebih mendapat tanggapan dan reaksi yang cepat dan tepat sasaran.

"Saya berharap tdiak lama-lama lagi, sebab kita sangat membutuhkan peningkatan status Pos SAR di Simeulue ini. Dengan kantor tentu cepat dipenuhi fasilitas pendukungnya, sebab bencana tidak kita ketahui kapan terjadi, maka seluruh kompenen harus siap dan siaga," kata Erly Hasyim.[jp]