Habadaily.com

Sanggar Tari Ubudiyah Pukau Penonton di Kuala Lumpur

Habadaily.com
08:40 WIB
Sanggar Tari Ubudiyah Pukau Penonton di Kuala Lumpur

HABADAILY.COM - Sanggar Tari Ubudiyah Heritage Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) berhasil memukau pengunjung di Gedung Institusi Aswara Kuala Lumpur,Malaysia pada acara Orkestra Simfoni Diraja Antar Bangsa malam tadi, Minggu (7/8/2017).

Rektor UUI, Prof.Adjunct Mariati, M.Kes mengatakan, acara puncak Okestra ini  dihadiri oleh  raja muda dari negeri Perlis dan Terenganu.  Yaitu raja muda Terengganu dan Raja muda Perlis  Tuanku Syed sirajuddin Jamalulail. Hadir juga Menteri Pendidikan Malaysia, YB Dato Seri Idris Jusoh.

“Malam tadi dihadiri oleh tamu istimewa dari kalangan pejabat Malaysia,   sedangkan nanti malam akan berlanjut yang diperuntukan untuk kalangan luas, dan mahasiswa UUI dari sanggar Ubudiyah heritagge akan kembali tampil lebih memukau,” jelas Prof.Adjunct Mariati, M.Kes.

Katanya, bagi Aceh ini kesempatan dan merupakan satu kehormatan dapat tampil pada ajang bergensi  di Malaysia dan  diliput oleh TV nasional Malaysia.  Ia berharap sanggar seni UUI sekaligus dapat menarik minat warga Malaysia untuk menyaksikan langsung tarian ini di Aceh.

“Ini sekaligus mempromosikan budaya Aceh, adat istiadat dan keberagaman dalam kesenian suku Aceh,” jelasnya.

Menurut Rektor UUI, pada malam puncak tadi telah ditandatangani satu majlis kerjasama antara UUI dengan Institut Seni Malaysia. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi kerjasama ke depan dalam mempromosikan budaya secara bersama - sama ke tingkat dunia.

“Tidak hanya tarian tapi nilai - nilai seni  lainnya serta akan mengelar persembahan seni antar bangsa di Aceh,” jelasnya.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UUI, Arismunandar mengatakan, rombongan sanggar yang  berangkat sejumlah 14 orang perwakilan dari beberapa program Studi, yaitu Farmasi, Teknik Informatika dan Kebidanan dengan membawa beberapa tarian Aceh, diantaranya Tari Saman, Ratoeh Jaroe,Tarek Pukat.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapat kepercayaan lagi untuk tampil di luar negeri, setelah sebelumnya sudah pernah tampil di Malaysia, Thailand dan Singapore,” jelasnya Arismunandar.

Acara Okestra ini diselengarakan berkat kerjasama enam  universitas, UNISZA, UNIMAP, UUI, UTM, ASWARA dan Universitas Palembang.[acl]

Habadaily.com