Aminullah: Kuliner Aceh Harus Menjadi Selera Dunia

Eva Hazmaini A | habadaily.com | 19 Agustus 2017, 13:07 WIB
Aminullah: Kuliner Aceh Harus Menjadi Selera Dunia

HABADAILY.COM – Wali kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan bahwa kuliner Aceh harus menjadi kuliner yang mendunia dan menjadi selera mancanegara. Hal ini disampaikan dalam sambutannya pada acara Aceh International Halal Food Festival, Jumat malam (18/8/2017) di Taman Bustanussalatin.

“Dengan kekayaan dan keragaman kuliner yang dimiliki, makanan tradisional Aceh yang lezat harus dikenal oleh masyarakat dunia. Kuliner Aceh harus mendunia dan bahkan harus menjadi selera dunia,” kata Aminullah Usman.

Ia juga mengatakan bahwa dengan yang paling penting dalam mengolah makanan adalah proses produksi yang memiliki standar halal yang terjamin higienisnya.

“Yang paling penting adalah setiap tahapan proses produksi makanan haruslah memiliki standar kehalalan,” ujarnya.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Reza Fahlevi juga mengatakan tujuan dilaksanakannya even kuliner tahunan ini salah satunya adalah sebagai tempat untuk menemukan dan melestarikan potensi kuliner Aceh yang tersembunyi di masyarakat.

“Kita ingin menemukan, mengenali dan melestarikan potensi kuliner Aceh yang terpendam dalam masyarakat yang merupakan warisan kekayaan budaya yang dimiliki Aceh,” ucapnya.

Acara ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 18 Agustus hingga 20 Agustus mendatang. Ada sebanyak 50 stand yang terdiri dari tiga zona dan masing-masing menyajikan makanan dari berbagai daerah dan juga negara.[acl]