Habadaily.com

Kesbangpol Aceh Perkuat Kapasitas Organisasi di Pidie

Habadaily.com
22:03 WIB
Kesbangpol Aceh Perkuat Kapasitas Organisasi di Pidie

HABADAILY.COM – Sedikitnya sekitar 50 peserta dari pengurus lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kepemudaan, mengikuti kegiatan penguatan kapasitas organisasi masyarakat (PKOM) yang digelar badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Provinsi Aceh, bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Pidie.

Kegiatan itu bertujuan selain untuk menyamakan persepsi antara ormas dengan pemerintah, juga untuk membangun komunikasi dan sinergisitas kegiatan antara pemerintah dengan organisasi masyarakat.

Bupati Pidie dalam sambutanya yang diwakili staf ahli bidang hukum kesbangpol Kabupaten Pidie, Barol Walidin SH MH mengatakan, penguatan kapasitas ormas menjadi hal yang penting, selain menambahkan pengetahuan untuk pengurus organisasi masyarakat (Ormas),  juga merupakan komponen yang keberadaannya ditengah masyarakat.

“Pemerintah berharap agar program – program yang dilaksanakan oleh ormas – ormas, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat,” kata Barol Walidin, Selasa (08/08/2017).

Barol juga menambahkan organisasi masyarakat untuk dapat memperkuat persatuan dan kesatuan,  dalam rangka mewujudkan Aceh hebat. Kemudian ormas diminta untuk terus membuka diri dalam menjalin komunikasi dengan pemerintahan, baik dengan pemerintahan Provinsi maupun pemerintah daerah Kabupaten Pidie.

“Ormas memiliki peran penting dalam proses perjalanan dan pembangunan bangsa ini. Peran dan rekam jejak ormas yang telah berjuang secara ikhlas dan sukarela sehingga mengandung nilai – nilai sejarah sebagai aset bangsa,” ujarnya.

Dalam kegiatan penguatan kapasitas organisasi masyarakat (PKOM) tersebut, peserta dibekali dengan ilmu manajemen dan kepemimpinan ormas, kemudian materi antispasi gaya baru (KGB), dan materi peran pemerintah daerah terhadap pemberdayaan ormas.[]

Habadaily.com