Butuh Rp30 Miliar Bangun Jalan Lingkar di Simeulue

Advertorial | habadaily.com | 19 Februari 2016, 14:34 WIB
Butuh Rp30 Miliar Bangun Jalan Lingkar di Simeulue Ilustrasi jalan linkar / Net

HABADAILY.COM - Pemerintah Kabupaten Simeulue membutuhkan dana Rp 30 miliar lebih untuk membangun jalan lingkar atas sepanjang 14 Km.

Sepanjang 14 Km jalan yang hendak dijadikan jalan lingkar itu masih berbentuk rawa-rawa, hutan dan pegunungan. Kondisi jalur jalan lingkar tersebut saat ini belum bisa dilalui, meskipun berjalan kaki.

Jalan lingkar sepanjang 14 kilometer tersebut masuk dalam dua desa yang menghubungkan dua kecamatan, yakni dari Desa Lewak Kecamatan Alafan, menuju Desa Lhok Makmur, Kecamatan Simeulue Barat.

"Ada 14 kilometer jalan lingkar Simeulue belum tersentuh pembangunan, masih dalam hutan, gunung dan rawa-rawa,   sangat sulit dilalui meskipun dengan jalan kaki," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Abuslan yang ditemui Habadaily.com, Sabtu (13/02/2016).

Katanya, jalan lingkar di Simeulue menghubungkan Kecamatan Alafan menuju Kecamatan Simeulue Barat. Saat ini untuk menghubungkan dua kecamatan itu, harus menggunakan jalan lingkar bawah.

Belum tersentuhnya pembangunan jalan lingkar atas di Simeulue mendapat tanggapa serius dari Senator asal Aceh, Fachrul Razi. Dia mengaku siap membantu Pemerintah Kabupaten Simeulue untuk melobi Pemerintah Pusat untuk mendapatkan dana.

"Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat harus menaruh perhatian serius terhadap persoalan di daerah, seperti masih adanya jalan yang terisolir di Kabupaten Simeulue," kata Fachrul Razi.

Fachrul Razi mengaku akan mengajak Pemerintah Aceh dan Daerah Simeulue secara bersama-sama melobi Pemerintah Pusat. Sehingga pembangunan jalan lingkar atas ini bisa segera terwujud.[acl]